Honda astrea grand 1997, Si tangguh dan irit

>> 26 November 2007

Jika anda diminta untuk menyebutkan sebuah merek sepeda motor di Indonesia, merek apakah yang pertama kali anda ingat? Saya hampir yakin anda pasti menyebutkan Honda. Ya, Honda, itulah pikiran pertama yang langsung muncul ketika kita berasosiasi tentang sebuah sepeda motor.

Honda sebagai pabrikan motor telah berhasil seiring sejalan menemani aktivitas seluruh rakyat Indonesia. Mulai dari Buruh, Pedagang, Siswa, Mahasiswa, Karyawan hingga Pejabat.

Dominasi Honda sedikit menurun pasca merebaknya pabrikan lain yang ikut memproduksi mesin motor 4T yang terkenal irit. Sebut saja Yamaha, Kawasaki,Suzuki yang juga ingin berbagi kue yang selama beberapa dekade hanya dinikmati oleh Honda.

Ngomong-ngomong sepeda motor, saya ingin berbagi pengalaman dengan anda semua tentang kesan saya menggunakan Salah satu produk Honda. Beberapa Motor Merk Honda pernah saya tunggangi, sebut saja GL 100, Astrea 800, Astrea Prima dan Astrea Grand produksi 1997, Karisma, Supra X dan Supra X 125

Khusus untuk Astrea Grand, motor ini memiliki cerita tersendir dalam upaya menemani mencari nafkah sehari-hari. Cerita tentang Astrea Grand 1997 dimulai sekitar tahun 2002. Ketika itu mantan pacar saya mendapatkan hadiah dari ayah mertua sepeda motor ini. Walaupun dibeli dalam kondisi secondhand kondisi motor lumayan mulus dan utuh. Motor ini menemani mantan saya—yang sekarang jadi istri—kuliah di Yogyakarta, Kelar kuliah, motor diboyong kembali ke kota Bogor. Konon semasa itu jarang sekali motor berseliweran di kota Bogor, Warga lebih memilih naik angkot dari pada motor. Kondisi ini tentu berbeda dengan kondisi di tahun 2009 ini.

Akhirnya,setelah bosen tinggal di Bogor, motor kembali diboyong ke Yogyakarta, dan jadilah Astrea grand 1997 menemani saya dalam beraktivitas. Di kantor, paling tidak ada 5 motor sejenis yang secara rutin parkir di Kantor.

Konsumsi BBM yang irit menjadi salah satu daya tarik motor ini. Tiap hari, jarak yang saya tempuh untuk pulang balik dari rumah -kantor -rumah sekitar 30Km. dengan modal Rp.10.000 saat harga bensin Rp.4500, motor dapat dipakai 3 hari, itupun dengan gaya brutal saya membetot kabel gas. Gas pol terus, kecepatan minimal adalah 70Km/jam.

Untuk Oli mesin, selalu menggunakan rekomendasi pabrikan Honda. Bensin pernah beberapa saat saya coba dengan pertamax. Hasilnya memang mantap. Motor terasa ringan dan gak bisa diajak pelan. Efek sampingnya memang, mesin terasa lebih gerah dari biasanya.

Kelemahan utama motor ini menurut saya ada di bagian plastic bodinya yang gampang pecah. Saya mencatatat setidaknya ada 3 hingga 4 bagian body yang getas antara lain pegangan kepet spakbor, spakbor atas, sayap kiri dan kanan. Mungkin karena keseringan dibuka dan kalau mundur suka nyenggol motor lain yang menyebabkan pecahnya plastic body.

Untuk sector mesin, patut diacungi jempol. Walaupun saya geber lama, mesin gak bermasalah. Hanya saja, perlu hati-hati dibagian elektrik stater yang kadang col boosternya aus, sehingga kalau stater elektrik ditekan bunyinya tek-tek atau ser-ser. Selain itu, jika oli jarang diganti kopling sekundernya juga gampang rusak. Ciri-cirinya seperti ada benturan ditengah mesin, tapi hal itu tidak sampai mempengaruhi kinerja mesin. Hanya berpengaruh di suara dan getaran yang agak berlebih.

Model astrea grand yang ini mempunyai berbagai varian warna, setahu saya selain warna ungu, ada juga warna hijau. Warna ungu ini disukai oleh istri saya.
Tampilan motor akan lebih mantap jika dikombinasi kaki-kaki diubah dari velg jari menjadi velg racing warna putih.

Di tahun 1997-an jika anda memiliki motor dengan logo " Black Astrea Impressa, orang akan segera tahu bahwa anda sedang menaiki sebuah sepeda motor irit tangguh dan bandel. perhatikan tulisan "black astrea" dan Impressa. Yang artinya kurang lebih sepeda motor astrea berwarna hitam yang memberikan kesan.

Kesimpulan
Motor ini memiliki chasis yang handal untuk beban berat, perawatan ekonomis, konsumsi bahan bakar rendah, sangat cocok diandalkan untuk motor harian. Dengan perawatan yang teratur pada mesin, saluran bahan bakar dan kelistrikan. Dijamin motor ini masih akan tahan dipakai hingga 15 tahun kedepan.

berikut adalah honda astrea grand yang telah dimodifikasi, diambilkan dari beberapa forum di Internet.























22 comments:

Achyar sugiar 3:54 AM  

anu jga punya astrea grand97...


kadang2 males klu mau di modif, pasti mahal tapi ga memuaskan....


ada ide ga?... soalna klu di jual sayang euy...

eddie 7:03 PM  

@ achyar : grand 97 memang dilahirkan sebagai motor harian yang boleh-lah sesekali dibawa ke luar kota.

dasarnya motor ini memang tidak dirancang untuk ngebut,paling enak dibawa santai kecepatan 60-70km/jam.

kalau menurut saya, daripada dimodif, mendingan kondisinya dibalikin ke semula saja. misal bagian yang sudah kusem di cat ulang. trus panel2 yang sudah gak nyala di perbaiki.

Soalnya masih banyak lho yang nyari motor ini. siapa tahu ketika kondisi motor sudah oke. ada yang mau beli dengan harga tinggi.

Rahardjo Widiarto 1:18 AM  

Klo punya saya lebih tua'an lagi, keluaran '93. Astrea Grand emang top bgt... dulu wkt msh bujang sering sy pake bolak-balik surabaya-solo, dlm setahun mpe 4x tetep manteb... Soal irit sih sebenernya lumayan irit (soalnya pny sy pake piston oversize 100)jarak surabaya-solo habis 7 literan... Skrg msh ada tp mangkrak, butuh perawatan besar2an hehehe... :D

Vagala.com 4:38 AM  

gue jg punya grand 95..
emang ga bgtu cool,tp bgi gue lo liat grand tuch ga da bosenya.. terserah mao jlan kenceng ato ga.. yg penting bsa d pke harian.. aplagi mua kondisi in dan eks grand gue msih bsa d blang bru kluar 2007 an..
so.di parkir sampingan 5 satria.. PD aj..

Vagala.com 4:40 AM  

gue jg punya grand 95..
emang ga bgtu cool,tp bgi gue lo liat grand tuch ga da bosenya.. terserah mao jlan kenceng ato ga.. yg penting bsa d pke harian.. aplagi mua kondisi in dan eks grand gue msih bsa d blang bru kluar 2007 an..
so.di parkir sampingan 5 satria.. PD aj..

siddiq 1:47 AM  

motor grand emang hebat
tapi kalo di modif malah gak pantes
enakan dibikin seperti barunya aja
tampilannya eksklusif dan nggak sportif
kelemahan lainnya juga di rem depan yang sering kurang pakem kalo buat kenceng

siddiq 1:47 AM  

motor grand emang hebat
tapi kalo di modif malah gak pantes
enakan dibikin seperti barunya aja
tampilannya eksklusif dan nggak sportif
kelemahan lainnya juga di rem depan yang sering kurang pakem kalo buat kenceng

Unknown 7:23 AM  

Gwe pnya grand 1997..smpai skrg msih ttep kinclong tuch gwe prthankan ssuai knddi aslinya krna di modif mlah jdi gak pntas..kndisi mesin jga msih bgus smpai skrg. Grand emang top dech..

gasruk 2:04 AM  

ane pnya astrea grand warna hijau dan hitam
motor nya emang tangguh gan kuat di tanjakan walaupun jarang di service
ane nungganginya waktu ane kelas 2 smp sampe skarang 2 sma..
ga kerasa bang udah 4 thun dia menemani saya
tapi tahun yg berkesan adalah tahun yg ke 4 soalnya dia menemani saya hingga 870 ribu Km bang
ane mulai kasihan ke motornya yg udah tua
selain motor tua itu motor juga di kasih ama kake gwa yg udah Alm
mknya sering di pake
walaupun sering malu gwa kalo make motor itu
skarang perjalanan gwa dngan motor itu tinggal bentar lagi gan
soalnya mau di ganti dengan motor baru
Gwa ngrasain sedih nya motor itu yg udah nemanin gwa jauhh amat
tapi gwa masih pngen pake mtor itu But malu
Pngen modifikasi untuk trail}
tapi ga pnya uang,,,

Kasihan tuh si Black(Nama motor nya)
di lanjutin teh sampe adik-adik gwa yg ada 10
hampir laki semua
Smoga mreka mngtahui sjarahnya,,

Aduh ngomong nyya kmna aja
Maaf ya gan..

abu choer 8:26 PM  

saya juga satu pendapat dengan mas/bpk eddie, motor astrea grand itu bukan untuk kebut-kebutan atau balap, paling enak d bawa 60-70 km/jam.
saya juga punya astrea grand tahun 1997, skarang saya coba stabilkan seperti asli nya, panel2 sedang saya hidupkan kembali, yang kusam2 saya bersihkan dan cat ulang, hasilnya memuaskan.....

abu choer 8:27 PM  

saya juga satu pendapat dengan mas/bpk eddie, motor astrea grand itu bukan untuk kebut-kebutan atau balap, paling enak d bawa 60-70 km/jam.
saya juga punya astrea grand tahun 1997, skarang saya coba stabilkan seperti asli nya, panel2 sedang saya hidupkan kembali, yang kusam2 saya bersihkan dan cat ulang, hasilnya memuaskan.....

Unknown 8:03 AM  

Ane juga punya gan astrea grand taun 96, ane sayang banget sama grand ane dan nyampe detik ini masih nemenin ane.
Mending nggak usah di jual yang punya grand karena 10 taun lagi bakal jadi motor antik dan bakal mahal harganya.
Rajin perawatan untuk mesinnya, minimal rajin gnti oli, tune up, perhatiin pengapiannya.oke. Salam astrea gan

Unknown 8:05 AM  

Ane juga punya gan astrea grand taun 96, ane sayang banget sama grand ane dan nyampe detik ini masih nemenin ane.
Mending nggak usah di jual yang punya grand karena 10 taun lagi bakal jadi motor antik dan bakal mahal harganya.
Rajin perawatan untuk mesinnya, minimal rajin gnti oli, tune up, perhatiin pengapiannya.oke. Salam astrea gan

Unknown 8:07 AM  

Ane juga punya gan astrea grand taun 96, ane sayang banget sama grand ane dan nyampe detik ini masih nemenin ane.
Mending nggak usah di jual yang punya grand karena 10 taun lagi bakal jadi motor antik dan bakal mahal harganya.
Rajin perawatan untuk mesinnya, minimal rajin gnti oli, tune up, perhatiin pengapiannya.oke. Salam astrea gan

Unknown 9:22 PM  

saya juga punya honda "black astrea impressa 97"dngan kondisi masih bagus, honda atrea memamg awet, klw di jual harganya kisaran brapa ya?

Unknown 3:29 AM  

punya saya astrea legenda, baiknya di beri oli apa ya? kok pake federal oil 20w-50 malah jadi panas n tarikan kendur?

soalnya lupa belum sempet Tanya bapak yang lagi dines di luar negeri.

tolong commentnya.

Unknown 6:51 PM  

Pake oli repsol aja bang tarikan mantep,tetep irit,kuat di bawa luar kota/gunung,nah tentang electrik starter saya ni op,ngga bisa di starter malah starternya bunyi seessrt seessrt gitu tuh,gimana tuh ngebenerin,dan buget nya berapa kira kira

Unknown 12:55 AM  

Kalau saya punya astrea grang 92, strip body merah silver. Tapi memang memuaskan, bandel. 12 tahun baru ganti seher. Sayang, spare part yg sekarang ga ada yg kualitasnya tahan lama. Sekarang itu grand mangkrak, tapi ada rencana dimudakan kembali....salam semangat grand.

Unknown 6:39 AM  

modifikasi Honda astrea nya keren2 nih. Kalau punya saya yang 97 gan. lumayan lah modifikasinya, hehhe

Marissa 1:49 PM  

kalo kelemahan astera grandnya sendiri apa aja yah gan

Unknown 7:01 AM  

Ane baru dapat bahan nih... Thn 97.maunya sih orisinilan, grand emang mantap

Unknown 4:45 AM  

Tanya;motor honda grand yang buatan tahun berapa yang dipakenya lebih; bandel enakeun, nyaman, ekonomis H. Tour noehoen.

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP