Perawatan cacar air di anak

>> 23 August 2015

24 Agustus 2015, anak kedua berusia 4,5 tahun saya terkena cacar air.  cacar ini sendiri menular dari  istri saya yang telah sembuh dari cacar air seminggu sebelumnya. Boleh percaya boleh tidak, tenyata betul yang orang katakan, virus cacar paling ganas saat mendekati masa akhir penderita sembuh. Logika sederhana, saat sudah akan sembuh, virus aktif mencari 'tempat' yang baru.

Terkait gejala awal cacar air, sebenarnya mulai terlihat di leher pada tanggal 21 Agustus pagi, saat itu terlihat ada benjolan kecil seperti nanah di leher. Karena belum yakin betul, aktivitas anak saya biarkan bermain di kebun dan berkotor-kotoran seperti biasa.

Baru tanggal 22 Agustus mulai nampak benjolan cacar air di seputar perut dan punggung. Karena dia masih ceria, sorenya masih saya ajak main dan naik motor seperti biasanya.

Tanggal 23 Agustus pagi, tanda-tanda rewel sudah mulai nampak, mulai minta digendong-gendong. Siangnya masih saya ajak dia ke mal :-)  dan malam harinya masih saya ajak ke rumah simbahnya. Akibatnya 23 Agustus malam, puncak-puncak rewel terjadi. Sepanjang malam mengeluh badan tidak enak dan panas. praktis saya dan istri terbangun berkali-kali untuk sekedar mengelus-elus punggung dan kakinya yang terasa pegal dan gatal

Tanggal 24 Agustus pagi, cacar air terlihat seperti ini :




Apa yang kami lakukan untuk mengurangi keluhan cacar air pada anak kami, 

1. Pertama saat dia merasa gatal dan panas tidak tertahan, saya ajak dia mandi air hangat yang sudah dituangi Det*l. meskipun ada pro kontra terkait mandi atau tidak saat cacar air, prinsip saya cuma satu : setiap hari ada banyak sel kulit mati dan jika tidak dibersihkan dengan air, mungkin berkontribusi pada luka infeksi

2. Saya menyediakan bedak anti gatal, merk ada banyak tapi kami pilih yang paling populer yaitu Calad*n cair. Dengan dioleskan tipis, tidak bagian kulit yang luka /mengelupas, anak agak tenang karena gatal berkurang

3. Tetes mata untuk anak. dalam kasus anak saya, dikelopak mata dan di bawah mata ada benjolan cacar, dari forum-forum yang saya baca, tetes mata dapat digunakan untuk mencegah iritasi.

4. Vitamin untuk tubuh. Daya tahan tubuh adalah yang utama, maka saya belikan dia  imb**st dan I*unos agar tubuh tidak terlalu drop

nah untuk selanjutnya selama masa sakit, istri menjaga agar anak istirahat full.


0 comments:

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP